Articles

2017-10-15
Tiga Serangkai Suci, Tulisan Tangan Dan Masa Depan Anda | Articles

Tiga Serangkai Suci, Tulisan Tangan & Masa Depan Anda Proses perkembangan manusia seringkali diukur melalui hasil kerja ataupun karya yang ia hasilkan. Sayangnya, tidak semua manusia mampu menunjukkan kinerja positif. Ada banyak faktor yang mempengaruhi hasil kerja maupun karya tersebut, diantaranya adalah passion yang erat hubungannya dengan potensi, bakat dan minat seseorang. Potensi, bakat dan minat dapat dikatakan sebagai tiga serangkai suci. Memahami ketiganya adalah prasyarat utama guna mendukung pola pertumbuhan dan perkembangan seorang manusia. Kesulitan dalam mengidentifikasikan ketiga hal ini dapat berakibat sangat fatal. Beruntung bahwa grafologi dapat membantu kita untuk menelusuri hal tersebut. Berikut adalah penelusuran tulisan-tangan.com berkait dengan relasi potensi, minat dan bakat dengan masa depan hidup Anda, ditilik dari sudut pandang grafologi.

*

Potensi, bakat dan minat seseorang dapat dilihat dan diketahui melalui tulisan tangan. Adalah penting untuk mengetahui hal tersebut semenjak masa kanak-kanak demi pengembangan diri yang otentik maupun kehidupan itu sendiri. Dalam menentukan potensi, bakat dan minat, ilmu grafologi dapat memberi pandangan yang tepat kepada seorang anak. Misalkan, kemana sebaiknya sang anak melanjutkan sekolah, sistem apa yang cocok bagi dirinya, jurusan apa yang sesuai dan lain-lain. Berbeda dengan IQ test, grafologi tidak mengukur tingkat kepandaian seseorang anak dan memberi penilaian (pelabelan) rata-rata, kurang ataupun superior. Ilmu grafologi justeru melihat karakteristik setiap anak atau seseorang melalui pola pikir dan cara memproses informasi. Dari kedua hal tersebut dapat ditilik kemana arah perkembangan seorang anak. Ada beberapa kategori pola berpikir dan cara memproses informasi yang dikenal, diantaranya adalah pola pikir analitis, kumulatif, komprehensif dan lain-lain.

*

Seorang anak dengan pola berpikir analitis, memiliki kedalaman (depth) dalam berfikir. Anak dengan pola pikir seperti ini merasa perlu untuk menganalisa segala sesuatu dan sangat ingin mengetahui sebab serta akibatnya. Anak tersebut memiliki keunggulan yakni tidak takut ketika menghadapi banyak informasi. Pertanyaan seperti mengapa dan bagaimana akan terus dilontarkan hingga ia mendapat jawaban yang memuaskan. Biasanya anak dengan pola pikir seperti ini memiliki potensi di dunia science, research, planning, administrasi dan counselling. Kategori berikutnya adalah pola pikir kumulatif. Anak dengan tipe ini berfikir secara perlahan dan bertahap. Ia ingin mengetahui langkah demi langkah (step by step) proses terjadinya sesuatu hingga ia faham betul apa yang sedang dihadapinya. Apabila sang anak dapat mengerti dan menguasai suatu bidang niscaya ia akan sanggup memberi jawaban atau solusi yang akurat. Jenis pekerjaan yang cocok untuk anak dengan kemampuan kumulatif adalah pekerjaan yang bersifat repetisi, konsistensi dan dapat diandalkan. Anak dengan tipe ini biasanya pandai dalam menciptakan sesuatu atau berkreasi dengan benda seperti mendesign (misalkan membuat kerajinan tangan, gambar arsitektur, baju, dll), mengetik dengan komputer dan lain-lain. Seorang anak dengan pola pikir kumulatif biasanya juga kurang suka apabila ditekan, diburu-buru dan cenderung lambat dalam mengambil keputusan karena ia ingin melihat semua kemungkinan yang ada. Anak ini juga lebih mudah untuk belajar melalui contoh nyata atau melihat demo secara langsung ketimbang melalui instruksi verbal atau audio. Baginya, pengalaman adalah guru yang paling berharga. Yang berikutnya adalah pola pikir komprehensif yaitu tipe pemikir cepat, dimana anak dengan pola pikir seperti ini mampu untuk berpindah topik atau ide (switching) dengan mudah dan tanpa effort yang berat. Sangat mudah memahami materi dan mencoba menangkap benang merah tanpa mempelajari materi dengan menyeluruh. Pola pemikir seperti ini sangat cocok untuk posisi yang memprioritaskan kecepatan dalam bekerja atau cepat dalam mengambil keputusan. Anak dengan tipe ini juga sering merasa bosan dan karena terlalu cepat dalam menganalisa dan mengambil keputusan ia kerap melupakan detail. Biasanya anak berpola komprehensif aktif secara mental dan fisik. Ia juga kerap menjadi trouble maker dikelasnya karena di saat mayoritas teman-temannya belajar sampai di halaman 3, anak tersebut sudah sampai halaman 5 dan ia merasa bosan menunggu dan memilih untuk mengganggu teman-temannya. Beberapa literature mengatakan pola pikir seperti ini adalah tipe orang yang “street smart” dan bukan “book smart”. Anak dengan pola pikir seperti ini perlu disibukan dan diberi tantangan dengan cara yang menarik.

Disamping pola fikir, ilmu grafologi juga dapat melihat anak dengan bakat tertentu seperti bakat menulis, sastra, memiliki kreatifitas tinggi, kemampuan dalam organisasi, kemampuan dalam berkomunikasi ataupun bakat lainnya. Minat dari sang anak juga harus dipertimbangkan, misalkan apakah minatnya lebih kepada hal-hal yang berorientasi konseptual (pemikir) atau lebih kepada orientasi fisik.

*

Tidak ada hal yang lebih membahagiakan orang tua ketimbang dapat melihat seorang anak dapat bertumbuh, berkembang dan pada akhirnya mencapai prestasi dalam hidup. Lewat seluruh pemaparan di atas tulisan-tangan.com berharap setiap anak dapat sedini mungkin bergelut dalam ruang yang tepat, yang memungkinkan seluruh potensi, bakat dan minatnya terasah dengan baik, tanpa ia membuang waktu karena kesalahan mengidentifikasi. Satu hal yang patut dicatat, penjelasan diatas tidak dapat berjalan tanpa dorongan yang tepat dari orang tua, sekolah dan lingkungan maupun sikap dari sang anak sendiri. Adalah penting memahami hal tersebut secara bijaksana.

Nah, jika demikian bagaimana dengan anak Anda? Apakah Anda sudah mengetahui sang tiga serangkai suci; potensi, bakat dan minat anak Anda? Anda dapat berbagi pengalaman di sini dan jika Anda memiliki kesulitan untuk mengidentifikasikan hal tersebut, saya dapat membantu Anda melalui analisa grafologi. Silakan hubungi tulisan-tangan.com untuk keterangan lebih lanjut.