Articles

2017-06-20
MENELISIK TULISAN TANGAN | Articles

MENELISIK TULISAN TANGAN

 MEMBUKA BAWAH SADAR & MEMBACA MASA DEPAN


 Hey, apa kamu percaya keajaiban dalam hidup? Kalau saya, percaya! Memangnya keajaiban itu benar-benar ada ya? Ya, keajaiban memang benar adanya. Banyak keajaiban dalam hidup, salah satunya adalah subconscious mind. 


Apa itu subconscious mind? Subconscious mind adalah locker yang menyimpan “harta karun”. Namun sayangnya, tidak semua orang bisa memahami hal tersebut. Jangankan memiliki kunci pembuka locker, bahkan percaya bahwa ada keajaiban di dalam diri sendiri pun rasanya sulit diterima. Padahal, alam bawah sadar punya peran besar hingga 88% dalam kehidupan sehari-hari, berbanding terbalik dengan alam sadar yang hanya memberi kontribusi sekitar 12%.


Sigmund Freud, seorang Neurolog Austria yang menemukan konsep psiko-analisis dalam ilmu psikologi mengutarakan keberadaan subconscious mind dalam diri manusia. Salah satu teori Freud yang terkenal adalah tentang keberadaan pikiran alam bawah sadar yang mengendalikan tingkah laku manusia. 


Antara tahun 1890 dan 1939 Freud menemukan fakta bahwa banyak sikap dan perasaan yang diungkapkan pasien-pasienya tidak mungkin berasal dari alam sadar, melainkan berasal dari tingkat-tingkat kegiatan mental di bawah alam sadar. Ia berkeyakinan bahwa ketidaksadaran merupakan faktor penentu tingkah laku yang penting, dinamis dan bersifat empirik. 


Secara definitif, subconscious mind merujuk pada bagian yang paling dalam dan terpenting dari struktur kesadaran. Subconscious berisi insting, impuls, dan drives. Hal tersebut seringkali berasal dari pengalaman-pengalaman traumatik—yang biasanya terbentuk sejak masa anak-anak—dan ditekan oleh wilayah kesadaran untuk kemudian dipindah ke area subconscious mind.  Subconscious memiliki kecenderungan kuat untuk terus bertahan, pengaruhnya dalam mengatur tingkah laku sangat besar namun tetap tidak disadari.


*



Kamu tahu, begitu banyak data yang disimpan di gudang memori subconscious atau alam bawah sadar yang akan mempengaruhi tindakan dan perilaku seseorang. Karena setiap orang memiliki isi gudang yang berbeda antara satu dengan yang lainnya—akibat dari perjalanan hidup yang beragam atau input data yang berbeda—maka tindakan dan perilaku orang tidak dapat diharapkan sama. Setiap perilaku kita yang keluar, dipengaruhi oleh data yang tersimpan di dalam otak yang menjadi trigger dalam memberikan respon ke dunia luar.


Seseorang akan maksimal produktivitasnya jika tidak memiliki hambatan dalam hidupnya. Atau apabila mengetahui hambatan, ia mau mereduksi hambatan tersebut. Potensi dan bakat seseorang akan terbuang (waste) atau menjadi tidak optimal karena adanya hambatan ini. Misalkan saja, seseorang yang memiliki kemampuan berbicara di depan publik menjadi takut berbicara, menganggap orang lain lebih baik dari dirinya dan menganggap dirinya tidak kompeten hanya karena memiliki tingkat kepercayaan diri yang rendah. Hambatan ini perlu untuk diketahui, disadari dan dikelola, untuk kemudian dihilangkan atau diminimalisir sebisa mungkin.


Sekarang coba bayangkan, jika alam sadar seseorang berjalan beriringan atau paralel dengan alam bawah sadar dirinya, betapa besar hasil akhir yang dapat dicapai akibat dari potensi yang keluar tanpa ada hambatan tersebut.


*


Jadi, sekarang kamu percaya kan kalau “keajaiban” memang ada dalam alam bawah sadar kita?!  Dan bagaimana kalau saya katakana jika tulisan tangan dapat menceritakan alam sadar dan alam bawah sadar kamu? Looh, bagaimana bisa? Bisa dunk! Tulisan tangan merupakan pintu gerbang masuk ke alam bawah sadar seseorang. Dari tulisan tangan, sekitar 80-95% kepribadian seseorang dapat diketahui. Apa yang menjadi harapan, ketakutan, hambatan, serta potensi yang tersembunyi semua dapat terungkap melalui tulisan tangan!


Memahami diri seutuhnya adalah modal masa depan. Dan graphology sanggup membantu kamu untuk berjumpa dengan siapa diri kamu sesungguhnya, dan pada gilirannya, membuat kamu siap menyongsong masa depan.


Yuks, kita kikis hambatan yang ada di dalam diri! Kamu bisa berbagi cerita di sini jika kamu merasa memiliki hambatan yang selama ini terasa menghantui. Apabila kamu butuh bantuan serta dukungan saya, kamu bisa menghubungi saya di sini. Jangan takut untuk mengetahui hambatanmu, karena percayalah, dalam setiap hambatan tersimpan mutiara indah yang siap menyilaukan dunia.


Lets, open your horizon and embrace the new you!