Articles

2021-03-13
Lockdown Skills in Handwriting | Articles

Kita sudah bosan dengan Covid 19, tapi agaknya Covid 19 belum bosan dengan kita, jadi mau tidak mau kita harus menghadapi dan menyusun strategi supaya tidak mati gaya dan berhenti dalam berprestasi.  Apalagi varian baru dari Covid 19 kerap bermunculan.  Rasanya harus mulai diantisipasi bahwa aktifitas daring akan semakin penting dan meningkat.

Pengalaman dan efek lockdown atau pembatasan dalam bersosialisasi akan berbeda pada setiap orang
Sebagian orang berfikir bahwa orang yang introvert akan lebih mudah menjalani lockdown, pembatasan social atau social distancing karena tipe orang seperti ini lebih menyukai melakukan aktifitas seorang diri sementara tipe orang extrovert akan mengalami kesulitan para extrovert lebih menyukai kebersamaan dalam melakukan aktifitas.
Namun pada kenyataan tidak seperti itu, ada banyak faktor yang mempengaruhi bagaimana seseorang dapat bertahan dalam pandemic, dalam keadaan underpressure ataupun perubahan yang serba cepat/drastis.
Berikut ini adalah beberapa keahlian yang dibutuhkan untuk mampu menjadi pemenang dalam situasi yang tidak pasti serta tanda-tandanya dalam tulisan tangan.

1.    Fleksibilitas
Fleksibilitas dalam hal ini merujuk pada kemampuan beradaptasi terhadap perubahan situasi yang mendasar atau besifat global.  Fleksibilitas terkait pada kemampuan merubah mindset sehingga melihat pandemic sebagai sebuah kesempatan untuk bertumbuh dalam aspek lain seperti mempelajari skill atau ilmu baru.  Selain itu, fleksibilita juga kemampuan melihat dan bisa menciptakan kesempatan baru dalam keterbatasan yang tidak menentu.  Jika kita merasa resah, bersikap kaku dan menolak perubahan tersebut malah menjadi tidak produktif.
Dalam tulisan tangan, salah satu ciri orang yang memiliki kemampuan adaptasi adalah baseline atau garis dasar yang sedikit bergelombang, dimana artinya adalah penulis pandai beradaptasi dalam setiap lingkungan.  Selain baseline, tanda lainnya adalah arah kemiringan tulisan ke kanan, tekanan tulisan ringan dan medium, jenis sambungan tulisan ‘thread’ dan ‘garland’, dan lain-lain.

2.    Optimis
Memiliki pandangan kehidupan yang positif secara general akan membantu untuk bertahan.  Dengan sikap optimis, ide dan pemikiran baru akan muncul untuk melahirkan project baru atau keahlian baru.  Orang yang optimis berpengharapan baik dalam segala hal dan mampu memaknai secara positif dari setiap kejadian.
Tanda Optimist dalam tulisan tangan adalah garis dasar yang naik keatas.  Sebaliknya tulisan tangan yang turun menandakan penulis pesimis.  

3.    Bersikap terbuka dengan wawasan baru
Bersikap broadminded atau open minded terhadap wawasan, strategi, alat atau cara baru dapat dalam memberikan keuntungan tersendiri.  Di era yang akan datang, aktifitas digital baik personal ataupun industri akan memegang peranan penting jadi tidak ada salahnya mulai mempelajari dari sekarang.  Broadminded dalam hal tech savvy pastinya dapat  membantu dalam berkarya secara digital.
Open minded dalam tulisan tangan salah satunya ditunjukan oleh huruf e yang ada loopnya, sementara huruf e yang loopnya tertutup menandakan penulis adalah narrowminded.

4.    Leadership
Dalam kondisi krisis atau tidak stabil, kemampuan memimpin seseorang sangat dibutuhkan baik dalam memimpin dirinya sendiri ataupun tim nya agar bisa menjaga produktifitas dan hasil akhirnya.  Dalam situasi pandemic seperti saat ini, memimpin sebuah tim dengan pembatasan social atau melalui online membutuhkan skill tersendiri antara lain memotivasi tim agar semangat kerja tetap stabil, tetap mampu mengeluarkan potensi terbaik dari timnya, dan lain-lain.
Kemampuan leadership dalam tulisan tangan mencakup banyak tanda karena kemampuan leadership mencakup banyak aspek, diantaranya adalah diplomasi, tingkat kepercayaan diri yang baik, kemampuan mengarahkan diri, resourcefulness, stamina yang baik, dll.

5.    Creativity
Kreatifitas adalah sebuah aspek yang sangat dibutuhkan, baik dimasa yang penuh dengan uncetainty maupun kelak jika pandemic sudah usai.  Kreatifitas yang dibutuhkan adalah kreatifitas dalam  mengintegrasikan beberapa bidang atau industry sehingga menciptakan sebuah terobosan baru.
Salah satu contoh tanda kreatifitas dalam tulisan tangan adalah huruf Greek E

Diatas adalah contoh beberapa karakter yang sebaiknya dikembangkan karena dapat membantu kita semua agar dapat bertahan dalam pandemic atau dalam kondisi yang tidak menentu.  Sebagian orang merasa menderita dalam kondisi lockdown sementara sebagian orang lagi merasakan efek positif karena “dipaksa” melakukan refleksi diri.  Bahkan beberapa Psycholog menyarankan saat ini adalah saat yang tepat untuk melakukan refleksi diri.  Pada akhirnya pemaknaan dari sebuah peristiwa akan kembali kepada diri kita masing-masing.
Sementara untuk saya sendiri, sayapun terpaksa mendalami perihal lighting yang bagus untuk meeting/konsultasi dengan client, event di media social atau kelas virtual “All About Basic Graphology” agar tampilan muka cerah serta tidak ada pantulan ring light di kacamata, selain itu melakukan riset juga untuk design interior ruangan sebagai background agar terlihat cantik dan segar pada saat sedang ada event virtual. 2 Hal yang tidak pernah terpikir sebelumnya karena jika workshop dilakukan offline, maka yang repot adalah penyelenggara atau venue dimana workshop diselenggarakan.  Hehe..  Bagaimana dengan Anda G-Folks? Skill atau ilmu baru apa yang Anda pelajari selama pandemic ini?  G-Folks bisa berbagi pengalaman dengan menulis dengan tulisan tangan dan Anda akan mendapatkan analisa singkat tulisan tangan.